Minggu, 29 Juli 2012

[VIVA.co.id] Wajah Cantik Nan Pintar

Memiliki wajah cantik dan rupawan tentu merupakan keinginan setiap wanita. Wanita dengan wajah cantik nan pintar selalu menjadi primadona setiap pria, di kampus disebut kembang kampus begitu juga di desa, disebut kembang desa.

Fenomena wajah cantik nan pintar menjadi primadona ternyata menular di dunia maya, kali ini primadona yang akan kita bicarakan adalah viva.co.id. Portal berita Indonesia yang satu ini selalu bersolek untuk mencari perhatian para pembaca warta online. Bersolek di dunia portal berita online merupakan hal yang wajib karena persaingan di wilayah ini sangat-sangatlah ketat. Dunia portal berita dihuni ratusan bahkan ribuan portal cantik yang menyajikan berita dan informasi yang cerdas, kurang cantik atau kurang pintar sedikit saja akan mengurangi lirikan pembaca.

Cantiiiik...

Cantik mukannya tampilannya tentunya. Cantiik kan relatif mas... lain orang pasti lain pandangannya. Benar, setidaknya kriteria cantik itu kan jelas, enak dipandang dan tidak membosankan.

Kriteria cantik di dunia desain portal online juga mirip dengan kriteria "cantik" pada pemilihan Putri Indonesia atau Miss Universe, yaitu Uenak dipandang dan tidak membosankan.

Pemilihan warna, ukuran dan jenis huruf, penempatan tombol navigasi, gambar/video dan penempatan iklan merupakan poin pertama yang dilihat oleh pembaca portal, kesan ini akan menentukan mood pembaca untuk seterusnya.

Menurut penilaian saya, tampilan home VIVA.co.id khas tampilan portal pada umumnya dengan kolom-kolom yang berisi kategori-kategori berita serta beberapa iklan. Kesannya ramai, tapi cantik. Menurut saya tampilan HOME untuk sebuah portal adalah penting karena mayoritas pengunjung portal sekelas Viva.co.id berasal dari pengunjung loyal yang mengetikkan address portal Viva.co.id langsung di browser internet mereka.


Hal yang agak mengganggu adalah pembagian kolom yang tidak sama rata/sejajar di tampilan home Viva.co.id.


Tampilan yang sama masih terjadi pada halaman-halaman lain, sehingga bila dipermak sedikit akan menambah kecantikan tampilan Viva.co.id:-) CMIIW.


Pintar


Cantik dan pintar merupakan kombinasi ideal, kadang 2 kriteria ini saling bertolak belakang. Banyak wanita cantik tapi kurang pintar, tapi banyak wanita yang pintar tapi berpenampilan kurang menarik.Begitu juga di dunia portal online, untuk mengejar kriteria cantik dan pintar tentu diperlukan usaha ekstra, kadang banyak portal yang mengorbankan sedikit kriteria pintar untuk mengejar tampilan yang cantik.

Pintar identik dengan kecepatan berfikir atau memecahkan sesuatu persoalan. Berbicara mengenai kecepatan loading, Viva.co.id memang sedikit lebih lambat diakses bila dibandingkan dengan portal sekelasnya. 


Penyebab kurang cepat loading home page viva.co.id dikarenakan terlalu besarnya ukuran file html dan banyaknya request ke server yang harus diload browser, sehingga visitor dengan koneksi internet lemot akan kesulitan untuk mengaksesnya, hal ini juga terjadi pada hampir semua portal online.Untungnya Viva.co.id versi mobile sangat simple dan ringan, sehingga pembaca yang mengakses portal viva.co.id dengan mudahnya mengakses versi mobile dari viva.co.id.



Bagi visitor dengan koneksi tingkat dewa alias broadband, yang tidak bermasalah dengan kecepatan akses portal, Viva.co.id adalah gudangnya informasi yang bermanfaat. Sajian berita yang uptodate dan terlengkap membuat kita tidak perlu langganan KORAN lagi.

Bagi penggemar bola seperti saya misalnya, VIVA.co.id rupanya mengerti keinginan saya yang haus akan info seputar sepak bola sehingga menempatkan page BOLA sebagai menu tersendiri. Ketika saya klik sub menu Statistik Bola, beragam informasi mengenai hasil pertandingan dan klasemen liga di dunia tersaji dengan apik, begitu juga dengan menu lainnya. Pokoknya dari info harga cabe sampai nilai saham di bursa efek ada semua!!! Soal akurat dan aktual, vivanews jagonya kan satu grup dengan Jaringan TV Nasional yaitu ANTV. Itulah sebabnya VIVA.CO.ID merupakan salah satu bookmark di pc dan ponsel saya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar